Makna Dari Sebuah Kehidupan Sebenarnya

          


    Hari pelepasan. maksudnya, hari kelulusan.
2 tahun saya belajar di TK
6 tahun saya belajar di SD
3 tahun saya belajar di SMP
3 tahun saya belajar di SMA 
Dan dari semua itu, banyak yang saya pelajari, banyak yang saya terapkan, tentang apa yang harus dihafal, apa yang harus diingat, apa yang harus dilupakan. Selama ini saya banyak belajar tentang artinya seorang teman, berartinya orangtua bagi kehidupan kita, dan dia.

      Saya belajar tentang teman, bagaimana caranya mengahargai teman, bagaimana cara mendengarkan tentang curahan hati teman, bagaimana cara menerima ataupun bagaimana cara melepaskan. Saya juga tau mana yang namanya teman benar teman atau teman hanya teman. Kalian pasti akan sulit jika mencari yang benar teman. Saya pun sama halnya begitu, saya hanya mempunyai beberapa teman yang benar benar teman setelah bertahun tahun disekolah.

         Saya pun belajar tentang orangtua. bagaimana saya harus mengerti apa yang diinginkan orangtua untuk anaknya, bagaimana saya harus mandiri, bagaimana caranya saya harus bisa mengalah untuk adik-adik saya, dan juga bagaimana saya harus merasa sendiri. Selama saya sekolah, saya belum pernah benar-benar diantar ke sekolah, Saya juga belum pernah ditemani di hari kelulusan sekolah yang seharusnya itu adalah hari yang berharga bagi saya tetapi mungkin karena kesibukan orangtua jadi mereka jarang menemaniku disaat itu. Bukannya saya syirik kepada adik-adik saya yang sekarang selalu diusahakan. Saya tau sebagai kakak perempuan harusnya saya mandiri dan saya tau nanti saya yang akan membimbing adik-adik saya nanti. Tapi setidaknya hati saya pikiran saya ingin sekali merasakan bagaimana orangtua benar-benar memikirkan perasaan anaknya. Maaf saya bukannya merasa kurang atau rasa saya seperti rendah. Tapi saya menghargai orangtua saya, yang mati-matian mencari uang untuk menyekolahkan saya walaupun belum bisa ikut diacara sekolah saya. 

       Saya juga belajar tentang dia. belajar bagaimana caranya mencintai seseorang, bagaimana caranya menyayangi, memilih ataupun memaafkan. setahun dari lamanya sekolah saya mengenal dia. terkadang aku yang selalu merasa bosan dirumah dan dia hadir untuk mengajak saya keluar dari kebosanan itu. Tapi saya belajar dan merasakan bagaimana rasa sakitnya dibohongi oleh orang tersayang, tapi saya tau dengan semua ini saya bisa menjadi lebih baik. 

Sekarang, saya sudah berada didunia sebenarnya. harus merasakan bagaimana sulitnya mencari uang, bagaimana lelahnya bekerja ataupun bagaimana memikirkan untuk kuliah atau menikah.

Semoga apa yang kalian inginkan dari apa yang saya inginkan selalu diberkahi oleh allah. Amin.

0 komentar