Masalah Yang Terjadi Seiring Berjalannya Teknologi

          Seiring berkembangnya teknologi manusia tentu tidak aneh dengan hal yang namanya "gadget" bukan? teknologi jaman sekarang jika dibandingkan dengan jaman dulu itu sangatlah berbeda jauh, contohnya disekolah anak-anak jaman sekarang belajar itu sudah praktis, terkadang mereka yang malas menulis itu mereka menggunakan handphone untuk memfoto pelajaran yang ditulis dipapan tulis. kalo jaman dulu anak-anaknya itu rajin, sebanyak apapun tulisan yang ada dipapan tulis pasti mereka mencatatnya dibuku catatan mereka. jadi kalian udah taukan perbedaannya itu sangatlah jauh. teknologi sekarang sudah sangat mempengaruhi mereka, hingga pola pikirnya pun sudah berbeda.

Anak jaman sekarang menggunakan gadget
 sebagai sarana belajar
Sumber. Google

           Sekarang itu sosmed adalah segalanya, mungkin sudah termasuk kedalam kebutuhan manusia karena jika dilihat hampir semua orang mempunyai sosmed bukan? termasuk aku sendiri hehe.. eitss tapi aku gunain sosmed itu untuk hal-hal yang positif guys, contohnya kalo aku lagi travelling aku posting foto-fotonya di Instagram biar orang-orang tau kalo tempat itu wajib atau recommended lah buat dikunjungin gitu. tetapi banyak juga orang yang selalu salah memanfaatkan sosmed, banyak orang yang suka menyebarkan berita-berita jelek seperti bullying atau menyebarkan berita hoax. itu sebenarnya bukanlah perilaku bangsa kita, seharusnya kita mempunyai etika yang baik, menyebarkan berita yang positif bukan negatif juga sesuai dengan fakta dan informasinya yang berkualitas. 
seharusnya medsos itu dijadikan sebagai semangat untuk membangun optimisme karena jika optimisme itu hilang maka akan sulit untuk membangun negara ini. 

Sumber. Google

Di indonesia, kalian pasti sudah mengenal kan dengan hal yang namanya gotong royong? Nah Aku terkadang merasa prihatin dengan bangsa ini karena jika dilihat jaman sekarang, yang namanya gotong royong itu sudah mulai luntur padahal gotong royong itu perlu dipelihara oleh bangsa indonesia untuk mendorong kerjasama satu sama lain juga bersatu dalam menghadapi suatu tantangan. maka dari itu banyak kerusuhan atau kekerasan yang terjadi saat ini karena kurangnya gotong royong.

Dan untuk mengatasi hal-hal yang terjadi saat ini pemerintah melakukan suatu gerakan namanya adalah "Gerakan Nasional Revolusi Mental". Apa sih kira-kira artinya?

"Gerakan Nasional Revolusi Mental adalah gerakan nasional untuk mengubah cara pandang, pola pikir, sikap-sikap dan perilaku bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian."

            Tujuannya adalah membangkitkan kesadaran bangsa Indonesia sebagai negara dengan kekuatan besar untuk berprestasi tinggi, produktif, dan berpotensi menjadi bangsa yang maju. Kita semua harus berperan aktif  juga ikut membantu dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental ini. karena kalo bukan diri kita sendiri yang memulainya siapa lagi? ya minimal dari hal-hal yang kecil.
            Kemarin Aku dan teman Blogger Garut juga hadir di acara sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental di Bandung. menurut Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Bapak Anton, seharusnya sosmed itu digunakan untuk menyebarkan berita-berita yang dibuat sesuai dengan fakta yang terjadi juga informasi yang termuat didalamnya itu berkualitas yang mempunyai nilai juga etika bukan menyebarkan berita-berita hoax. Selain itu disana juga ada Diskominfo Jawa barat dan Relawan TIK.   

Sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental
Sumber.Dok pribadi


0 komentar